Training on Trainer – On Job Training di Metrasat

Dalam rangka penyelarasan kebutuhan dunia kerja dengan kurikulum pendidikan, Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTE)  mengirimkan dua orang tenaga pengajar mata kuliah Sistem Komunikasi Satelit untuk melaksanakan On Job Training di Metrasat Bogor. Hasil pelaksanaan kegiatan dimaksud dipaparkan kepada seluruh dosen di lingkungan FTE dalam bentuk TOT pada hari Jumat, 23 maret 2018 bertempat di kampus IT Telkom Purwokerto. Bertindak selaku penyaji yaitu Yosy Rahmawati, S.ST., M.T. dari prodi D3 Teknik Telekomunikasi dan Bongga Arifwidodo, S.ST., M.T. dari prodi S1 Teknik Telekomunikasi. Pelaksanaan Training di Metrasat bertujuan untuk pengembangan modul praktikum mata kuliah Sistem Komunikasi Satelit pada Prodi D3 Teknik Telekomunikasi dan S1 Teknik Telekomunikasi, untuk peningkatan sinergitas antara dunia industri dengan dunia pendidikan tinggi, selain itu untuk peningkatan kompetensi dosen di bidang komunikasi data di kampus IT Telkom Purwokerto.

Penyajian pertama disampaiakan oleh Bu Yosy yang membahasa tentang keterkaitan modul praktikum mata kuliah Sistem Komunikasi Satelit dengan kebutuhan dunia industry khususnya komunikasi VSAT. Berdasarkan hasil OJT, beliau mendapatkan bimbingan pada bagian Datacom dan bagian Radio Frequency. Materi dilaksanakan diadakannya pelatihan kuliah umum tentang VSAT dan satelit. Sedangkan penyajian kedua oleh Bapak Bongga yang mendapatkan bimbingan pada bagian Konfigurasi VSAT IP, Aplikasi VSAT IP dan Analisa proses VSAT IP.

Pembahasan pada bagian pertama difokuskan pada pengembangan modul praktikum matkul Siskomsat yang disampaikan oleh Bu Yosy. Pengkajian modul secara teknis dalam kegiatan ini menggunakan ilmu dari engineer dengan rincian instalasi antena, pointing (penentuan lokasi yang ideal antara perangkat Akses Point Utama yang berfungsi sebagai Server ke Akses Point ke-2 yang berfungsi sebagai Client) dan tilting (pengaturan kemiringan antena yang berfungsi untuk menetapkan area yang akan menerima cakupan sinyal), dan transmisi data berbasis VSAT IP seperti:

  1. Aplikasi Intranet, webserver
  2. Aplikasi dengan trafik data yang kecil seperti ATM ( Automated Teller Machine ), Reservasi ticket
  3. Aplikasi internet seperti E-mail, Web surfing, Instan Messenger
  4. Aplikasi VOIP ( Voice Over Internet Protocol )

Pemaparan selanjutnya disampaikan oleh Pak Bongga tentang spesifikasi VSAT IP. Objek pengukuran yang bisa diamati saat praktek diantaranya menghitung delay  (waktu  tunda saat paket yang diakibatkan oleh proses  transmisi dari satu titik menuju titik lain yang menjadi tujuannya), menghitung Packet loss (banyaknya paket yang hilang pada suatu jaringan paket yang disebabkan oleh tabrakan (collision), menghitung kapasitas jaringan, dan menghitung penurunan paket yang disebabkan oleh habisnya TTL (Time To Live) paket. Pengujian yang dapat dilakukan pada saat pelatihan ini yaitu melakukan pemeriksaan induktivitas berbasis jaringan teknologi internet protocol (PING), perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan dengan melakukan mengirim pesan ICMP (tracer), melakukan pengecekan kecepatam internet (speedtest).

Selain pembahasan di atas, kegiatan Training Metrasat juga digunakan untuk mendapatkan informasi terkait ketidakseimbangan proses pengajaran dan kebutuhan dunia industry. Terdapat beberapa informasi yang dapat digunakan sebagai landasan dalam penyusunan media pembelajaran di kampus seperti kebanyakan mahasiswa yang ingin kerja praktek tetapi terkadang mereka ada yang belum mengambil mata kuliah Sistem Komunikasi Satelit, kurangnya menyediakan jalur untuk penelitian dan proyek tugas akhir untuk mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *